Persari dan Persami Digelar SDN Cipayung 01 Kwarran Cibinong

Media Sosial

Cibinong – Gerakan Pramuka Sanggar Bakti SDN Cipayung 01 Kwarran Cibinong Kabupaten Bogor mengadakan kegiatan perkemahan Sehari (Persari) pada 23 Juli 2022 dan Perkemahan sabtu minggu (Persami) pada 23-24 Juli 2022.

Kegiatan ini dibuka oleh Kak Endin Saepudin Kepala SDN Cipayung 01 selaku ketua Mabigus. Dalam sambutannya Kak Endin mengungkapkan maksud dari kegiatan ini adalah untuk melaksanakan program kerja gugusdepan, pelaksanaan permen 63 tentang orientasi kepramukaan pada peserta didik. Selain itu kegiatan ini untuk melatih kemandirian dan kemampuan untuk percaya diri dalam kegiatan serta mengajarkan cinta sosial dan bakti sosial sejak dini.

“Kegiatan ini dimaksudnya untuk melaksanakan program kerja gudep, melaksanakan program pemerintah sebagai Masa Orientasi Pendidikan Kepramukaan bagi siswa baru dan melatih kemandirian dan kemampuan untuk percaya diri dalam kegiatan. Serta mengajarkan sejak dini cinta lingkungan dan berbakti sosial,” ungkap Kak Endin.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah agar setiap anggota pramuka memiliki jiwa kepemimpinan, sosial dan prilaku tidak sombong serta melatih kedisiplinan dan kemandirian sejak dini.

“Tujuan kegiatan ini setiap anggota Pramuka agar memiliki jiwa kepemimpinan, sosial dan tidak berprilaku sombong. Selain itu untuk melatih kedisiplinan dan kemandirian sejak dini,” Sambung Kak Endin.

Sebelum kegiatan peserta harus membawa surat izin orangtua hal ini untuk mengetahui peranan orangtua dalam memberikan izin pada putera puterinya untuk mengikuti kegiatan ini. Selain itu pihak sekolah mengadakan sosialisasi sekaligus memberikan pehaman kepada orangtua akan pentingnya satuan terpisah di kepramukaan dan kegiatan seperti ini agar terus ditingkatkan untuk menjalin kerjasama pihak sekolah dengan orang tua, lingkungan maupun dengan yg lainnya.

Dalam kegiatan ini hadir pula Waka Binamuda, Sekran serta andalan Kwarran Cibinong yang juga memberikan materi kepada peserta.

Kegiatan Persari ini diikuti oleh 544 orang peserta terdiri dari 284 siaga putera dan 260 orang siaga puteri. Sedangkan Persami diikuti oleh 272 orang yang terdiri dari 124 orang putera dan 148 orang puteri. Semua peserta didampingi oleh panitia sebanyak 17 orang pembina siaga dan 15 orang Pembina penggalang serta 15 orang pembantu pembina.

Ditempat terpisah Kak C. Wowor selaku sekretaris Kwarran Cibinong menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada gugusdepan yang melaksanakan kegiatan orientasi kepramukaan di tahuh ajaran baru. Harapannya setiap gugusdepan yang menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dapat selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan kwartir ranting.

“Saya ucapan terimakasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada gugusdepan yang telah melaksanakan kegiatan pramuka baik Persari, Persami maupun Kemah Blok. Saya berharap setiap gudep di Kwarran Cibinong yang akan menyelenggarakan kegiatan kepramukaan agar selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Kwarran.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *