Pramuka Pandega Kwarran Cisarua Ikuti Kegiatan Asia Pacific Scout Region Humanitarian Action Capacity Building Trainning

Media Sosial

Cisarua – Satu orang Anggota Pramuka Pandega, Kak Putri dari Kwartir Ranting (Kwarran) Cisarua mengikuti kegiatan Asia Pacific Scout Region Humanitarian Action Capacity Building Training Tahun 2022. Kak Putri mewakili Kwartir Daerah Jawa Barat yang dilaksanakan pada hari Selasa-Rabu tanggal 17-19 tahun 2022 bertempat di Amos Cozy Hotel & Convention Hall Jakarta, Jalan Melawai Raya no 83-85 Jakarta.

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aksi Kemanusiaan Tahun 2022 dibuka oleh Wakil Ketua Nasional Pengabdian Masyarakat (Waka Kwarnas Abdimas), Kak GKR Mangkubumi.

15 Kwartir Daerah di Indonesia mengikuti pelatihan melaksanakan bakti Pramuka Peduli Penanggulangan Bencana. Dihasilkannya 30 orang relawan Pramuka Peduli yang memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan tentang aksi kemanusiaan yang selanjutnya akan menjadi pelaku utama dalam pelaksanaan aksi kemanusiaan di wilayahnya.

Keberadaan Indonesia di wilayah yang rawan bencana menuntut adanya kemampuan untuk melakukan respon kedaruratan bencana bagi sebanyak mungkin penduduk Indonesia. Pramuka sebagai bagian dari masyarakat dapat ikut andil dalam upaya penanggulangan bencana, utamanya pada saat terjadinya bencana, dengan melakukan respon kedaruratan bencana.

Relawan Pramuka Peduli sebagai sumber daya manusia yang dimiliki oleh Gerakan Pramuka perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan tentang manajemen kedaruratan bencana sehingga dapat berperan serta aktif dalam upaya penanggulangan bencana.

“Harapannya Selama tiga hari, kakak-kakak telah mengikuti pelatihan. Berbagai materi telah disampaikan oleh para fasilitator, baik yang berasal dari Kepanduan Asia-Pasifik maupun dari dalam negeri. Jadikanlah pengetahuan yang telah kakak-kakak dapatkan sebagai bekal untuk menjadi relawan Pramuka Peduli dalam bidang kebencanaan,” kata Kak Ahmad Rusdi.

Pengetahuan yang sungguh dibutuhkan, apalagi dalam beberapa waktu belakangan ini, berbagai bencana telah terjadi di Indonesia. Pada bulan bulan musim penghujan yang akan diperkirakan akan terus sampai akhir tahun 2022 bahkan awal tahun 2023, kesiapsiagaan kita dalam menghadapi bencana sangat diperlukan.

Semua pengetahuan yang didapat selama mengikuti acara Humanitarian Action Capacity Building Training Tahun 2022 dapat diterapkan dan dibagikan kepada para Pramuka di wilayah masing-masing dan menjadikan pelatihan ini agar bermanfaat bagi kita dan masyarakat di sekitar kita.

“Selesainya pelatihan ini bukan berarti selesai pula aktivitas kita justru ini merupakan langkah awal bagi kakak-kakak sebagai relawan Pramuka Peduli, khususnya di bidang kebencanaan, agar lebih mampu dan lebih berkualitas memberikan bantuan penanganan bencana,” kata Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kak Ahmad Rusdi.

Kegiatan ini di tutup pada sore hari oleh Ka Ahmad Rusdi Waka Kwarnas KLN pada Rabu, (19/10/2022).

Putri

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *