Kembali Adakan Latihan, Inilah Harapan Pembina Pramuka MI Muta’alimin Sadeng

Media Sosial

LEUWISADENG- Gerakan pramuka MI Muta’alimin sadeng kwarran Leuwisadeng kembali mengadakan latihan pramuka pada Kamis, (8/9/2022).

Latihan kali ini diikuti oleh 70 orang pramuka penggalang yang terbagi dalam 4 regu putra dan 4 regu putri. Tujuan latihan kali ini untuk melatih hafalan Pancasila dan untuk menanamkan jiwa nasionalisme.

Peserta didik berkumpul di lapangan depan sekolah untuk melaksanakan upacara pembukaan latihan Pramuka yang dipimpin oleh Pratama putra yang ditunjuk oleh pembina seminggu sebelumnya. Setelah upacara selesai peserta upacara dibubarkan kecuali pinru untuk mendapatkan materi teks Pancasila dan simbolnya. Setelah pinru dibubarkan maka peserta Pramuka menghafal poin-poin Pancasila yang dipimpin oleh pinrunya masing-masing. Setelah hafal secara keseluruhan maka peserta mempersiapkan diri untuk mengikuti games acak kalimat Pancasila yang sudah disiapkan oleh pembina, alat dan bahan diantaranya kertas print out susunan kalimat Pancasila, Gunting dan lem.

Antusias dan suasana riang terlihat dari para peserta, setelah materi dan game disampaikan maka latihanpun ditutup dengan upacara pembukaan.

Menurut kak Muhamad Mahfudin selaku Pembina pramuka MI Muta’alimin berharap pada latihan kali ini peserta didik bisa menghafal poin-poin Pancasila dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga jiwa nasionalisme dan patriotism bisa tertanam pada diri mereka.

“Harapannya anggota Pramuka hafal poin-poin Pancasila dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotism,” ungkap Kak Mahfudin

Reporter: Farhatunnisa

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *