Pengembaraan Calon Penegak Bantara Ambalan Soekarno-Fatmawati SMK Yapura Kwarran Tenjolaya

Media Sosial

TENJOLAYA – Sebanyak 18 orang Anggota Pramuka Ambalan Soekarno-Fatmawati SMK Yapura Kwarran Tenjolaya mengikuti kegiatan Pengembaraan Calon Penegak Bantara. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat-Sabtu  tanggal 16-17 September 2022.

Peserta dibagi menjadi 4 Sangga yang terdiri dari 1 sangga putera dan 3 sangga puteri Kegiatan dimulai dengan Upacara Pembukaan yang dibuka oleh Ketua Mabigus SMK Yapura. Acara dilanjutkan dengan pengarahan oleh Kak Abdullah selaku Pembina Putra Ambalan Soekarno. Peserta nampak bersemangat mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan Pengujian terhadap Calon Penegak Bantara sejauh mana mereka mengamalkan Poin SKU dan juga Dasa Darma Pramuka sesuai dengan Pola Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega yaitu Bina Diri, Bina Satuan dan Bina Masyarakat. Untuk itu Ambalan Soekarno-Fatmawati menerjunkan Calon Penegak Bantara untuk melakukan pengembaraan diwilayah Kecamatan Tenjolaya dan Ciampea agar Peserta dapat aktif dan juga terampil baik untuk Teman sejawatnya maupun dengan Masyarakat umum.

Kak Mahmuri selaku ketua Mabigus SMK Yapura berharap setelah kegiatan ini dilaksanakan peserta didik dapat menerapkan poin-poin dalam SKU secara maksimal untuk dirinya, satuan dan masyarakat. Selain itu diharapkan peserta didik dapat menempuh SKU Penegak laksana bahkan Pramuka penegak garuda.

“Harapan setelah terlaksananya kegiatan ini, semoga Anggota Pramuka yang nantinya akan menyandang dan dikukuhkan menjadi Penegak Bantara dapat mengamalkan Poin SKU serta Dasa darma Pramuka baik untuk pribadinya, ambalan dan juga untuk masyarakat juga. Dan semoga setelah ini mereka dapat melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi yaitu Penegak Laksana, ataupun setelahnya menjadi Pramuka Garuda” Ujarnya

Sementara itu Kak Abdullah selaku Pembina Putra Ambalan Soekarno juga berpesan kepada peserta agar para peserta berhati-hati ketika melakukan penjelajahan, menjaga tata karma ketika bertemu dengan masyarakat. Peserta juga diharapkan untuk bekerja sama dalam melaksanakan tugas dan jangan memunculkan rasa egois untuk kepentingan sendiri.

“Diperjalanan nanti kalian jangan sampai ada sesuatu yang tidak kita inginkan. Selalu berkabar ketika memang ada kendala. Utamakan 5S yaitu Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun karena kalian saat ini akan berhadapan langsung dengan Masyarakat umum. Ketika diperjalanan juga selalu ingat teman kalian jangan sampai bersikap egois. Harus sama sama bekerja jangan hanya bekerja sama,” Tegas Kak Abdullah kepada Para peserta sebelum melakukan pemberangkatan.

Reporter: Fitri

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *