Tingkatkan Kualitas Pembinaan, Kwarran Jonggol Adakan Gelang Ajar

Media Sosial

JONGGOL – Upaya meningkatkan kualitas pembinaan gugusdepan, Kwartir Ranting (Kwarran) Jonggol adakan kegiatan Gelang Ajar untuk pembina Pramuka golongan Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega, Kamis (8/4/2021)

Ketua Mabiran Jonggol Andri Rahman, S.STP., M.Si.  mengatakan, setiap pembina Pramuka yang ada harus membina sesuai dengan kapasitas yang dimiliki oleh masing-masing pembina di gugusdepan.

“Gelang Ajar dilaksanakan untuk pembinaan anggota pramuka dewasa, sehingga mereka memiliki kualifikasi kemampuan untuk menyamakan persepsi dalam membina di wilayah gugus depannya sesuai dengan kapasitas kemampuannya,” imbuhnya.

Andri juga menyampaikan selain untuk menambah wawasan para pembina, Gelang Ajar juga diharapkan dapat meningkatkan motivasi untuk para pembina agar dapat memberi arahan kepada anggota Pramuka di gugusdepannya memiliki Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) untuk mencapai ke tahap Pramuka Garuda.

Gelang Ajar Kwartir Ranting Jonggol diikuti 83 Peserta yang terbagi menjadi tiga golongan, 63 Orang pembina Siaga, 13 Orang pembina Penggalang, dan 7 Orang pembina Penegak/Pandega.

Di antaranya Juna, Pembina SDN Sukamaju 04 menyatakan antusiasnya dalam mengikuti kegiatan Gelang Ajar yang diadakan oleh Kwartir Ranting Kecamatan Jonggol.

“Setelah kegiatan ini saya harap dapat mengaplikasikan di gugusdepan, dapat meningkatkan motivasi kepada anggota pramuka, dan para pembina juga memiliki kapasitas sesuai golongan yang akan di bina olehnya,” pungkasnya.

Kegiatan diawali dengan Orientasi, dilanjut dengan materi PDK dan MK, Dinamika Pelatihan, dan Penghayatan Golongan yang diisi oleh pemateri dari Korps Pelatih Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Bogor.

Reporter: Kominfo Kwarran Jonggol
Editor: Deci/ Kominfo Kwarcab Bogor

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *