Haru, Kwarran Rumpin Sukses Gelar KMD

Media Sosial

Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Rumpin menggelar Kegiatan Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Siaga. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDLHK) Rumpin pada tanggal 22-27 Juli 2022. Kegiatan ini diikuti oleh total 39 peserta mengikuti kegiatan ini terdiri dari 13 peserta putra dan 26 peserta putri yang berasal dari gugus depan di Kecamatan Rumpin (SD dan MI). Kegiatan ini dipandu oleh tim pelatih dari Pusdiklatcab Kwarcab kab. Bogor yang dipimpin oleh Bunda Dessy sebagai pimpinan Kursus.

Selama 6 hari para peserta harus mengikuti rangkaian kegiatan yang padat dimulai pukul 04.30-22.00 WIB sesuai dengan kurikulum KMD. Kegiatan KMD meliputi pemberian materi oleh pelatih, pembinaan fisik/mental, penugasan mandiri, widyawisata serta praktek lapangan yang seluruhnya bertujuan untuk melatih peserta menjadi pembina pramuka yang mahir, tangguh, kreatif dan bertanggung jawab. Kegiatan ini juga melatih kerjasama antar peserta yang mungkin sebelumnya tidak saling mengenal karena penerapan sistim berkelompok sesuai dengan Prinsip Dasar Kepramukaan.

“Saya mewakili peserta lainnya mengucapkan terimakasih banyak kepada para pelatih dan panitia yang telah membimbing kami selama 6 hari ini. Sejujurnya sebelum kegiatan ini saya masih cukup awam tentang pramuka, sekarang pandangan saya pun menjadi terbuka bahwa pramuka itu sangat menyenangkan dan tentunya akan membawa banyak sekali manfaat untuk kita dan peserta didik. Insya Allah seluruh ilmu yang saya dapat akan saya terapkan di gugus depan saya. Saya juga sangat bersyukur bisa mendapat rekan dan sahabat baru dari kegiatan ini” Ujar kak Aip selaku peserta KMD (Sulung).

Upacara penutupan digelar pada hari Rabu, 28 Juli 2022 di aula BDLHK dimulai pukul 10.00 WIB. Upacara dihadiri langsung oleh kak Saepulloh selaku kapusdiklatcab. Raut wajah tangis dan haru terlihat dari peserta bahkan pelatih dan panitia yang sudah menjalani kebersamaan selama 6 hari. Akhirnya seluruh peserta dinyatakan lulus dengan nilai yang memuaskan.

“Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada tim pelatih, panitia dan tentunya para peserta KMD Rumpin yang luar biasa. Saya bangga melihat kakak-kakak semua sangat bersemangat selama mengikuti kursus, saya harap semangat itu dapat terus dibawa dan ditularkan pada seluruh guru dan peserta didik di gugus depan pada saat membina nanti. Saya pun berharap agar kakak semua jangan pernah puas teruslah kembangkan inovasi dan kreativitas di lapangan. Kami para pelatih akan terus membimbing kakak-kakak semua terutama pada saat masa pengembangan diri dan penyususnan narakarya. Setelah itu saya harap kakak dapat mengikuti KML, KPD bahkan KPL sehingga akan lahir para pelatih-pelatih pramuka hebat yang baru” Pungkas kak Saepulloh dalam sambutannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *