SMPN 1 Cariu Adakan Kemah Blok Implementasikan Permendikbud 63

Media Sosial

Gerakan Pramuka SMPN 1 Cariu mengadakan kegiatan kemah blok yang diikuti 228 orang peserta yang merupakan peserta didik baru kelas VII. Kegiatan ini digelar dalam rangka mengimplementasikan Permendikbud Nomor 63 tahun 2014 kepramukaan.

Tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan Gerakan Pramuka kepada siswa baru, menjaring minat dan bakat siswa yang akan bergabung menjadi anggota pramuka dan mengikuti latihan rutin (model reguler), terselenggaranya pendidikan kepramukaan melalui model blok

Kegiatan ini gelar oleh Pembina Pramuka SMPN 1 Cariu pada 22-23 Juli 2022 di areal sekolah. Selain peserta kegiatan ini juga dihadiri oleh waka kesiswaan, waka kurikulum dan regu kerja.

Peserta dibagi dalam beberapa kelompok kecil yang dipisahkan antara putera dan puteri dari berbagai kelas dengan harapan agar peserta didik saling mengenal teman dari kelas yang berbeda.

kegiatan diawali dengan registrasi peserta, kemudian peserta didik menempati kelas (barak) yang telah ditetapkan panitia, peserta didik secara bergotong-royong membersihkan dan menata barak agar dapat digunakan untuk bermalam dengan nyaman. Kemudian dilanjutkan dengan upacara pembukaan dan penyampaian materi.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini antara lain sandi-sandi, tali-temali, tandu, kiasan dasar pramuka dan PBB. Solat berjamaah dilakukan disetiap waktu solat serta ditambah kultum setelah solat magrib dan subuh. Api unggun menjadi acara yang dinantikan oleh setiap peserta karena mereka dapat menampilkan kreasi seni dari masing-masing regu.

Kegiatan diakhiri dengan upacara penutupan. Dalam upacara penutupan di sampaikan hasil penilaian regu terbaik.

Menurut Nedi Lesmana, S.Pd., Gr selaku Pembina Pramuka sekaligus Ketua Panitia mengungkapkan harapannya agar kegiatan ini bisa menjaring minat dan bakat peserta didik dibidang kepramukaan. Selain itu juga diharapkan nilai-nilai positif bisa tertanam pada peserta didik.

“Harapannya kegiatan ini dapat menjaring minat dan bakat peserta didik dibidang kepramukaan serta tetanamnya nilai-nilai budaya positif pada tiap peserta didik,” ungkap Nedi.

Selanjutnya setelah pelaksanaan kemah blok, Pembina akan berupaya untuk menghimpun peserta didik yang akan mengikuti latihan pramuka dengan model regular serta melakukan latihan pramuka secara rutin setiap minggunya.

“Setelah kegiatan ini kami akan menghimpun anggota pramuka yang akan mengikuti latihan pramuka dengan model regular. Melaksanakan pertemuan/latihan pramuka secara rutin di setiap minggunya,” Lanjut Nedi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *