Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor Buka Kegiatan Tapakan Pramuka Garuda tahun 2022 tahap 2

Media Sosial

KAB. BOGOR – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Bogor mengadakan kegiatan Tapakan Pramuka Garuda tahap kedua pada tahun 2022 yang dilaksanakan pada 17-18 September 2022 di Bumi perkemahan (Buper) Cimandala, Kecamatan Sukaraja.

Secara keseluruhan tapakan pramuka garuda kwarcab Bogor tahap 2 ini diikuti oleh 1.343 orang peserta yang terdiri dari 490 orang pramuka Siaga, 639 pramuka penggalang, 216 orang pramuka penegak dan 1 orang pramuka pandega yang merupakan utusan dari kwartir ranting yang ada di Kabupaten Bogor.

Sebelum mengikuti tapakan pramuka garuda di kwarcab Bogor, setiap peserta harus lolos dalam tapakan yang diadakan oleh kwartir ranting. Penentuan layak tidaknya seorang pramuka ditentukan oleh tim penguji yang dibentuk oleh kwartir ranting. Peserta didik yang dinyatakan lolos oleh tim penguji kwarran didaftarkan ke kwarcab.

Kak Agus Ridho selaku ketua kwarcab Bogor mengungkapkan para peserta didik yang mengikuti tapakan pramuka garuda adalah kesempatan yang luar biasa mengingat dari sekian banyaknya anggota pramuka tidak semuanya bisa mengikutinya. Motivasi yang tinggi dari para peserta tapakan pramuka garuda harus dilakukan karena pramuka garuda merupakan tingkatan pramuka yang paling tinggi ditiap golongan dari mulai siaga, penggalang, penegak dan pandega.

“Adik-adik megikuti tapakan pramuka garuda ini adalah suatu kesempatan yang luar biasa karena tidak semua anggota pramuka bisa mengikuti kegiatan tapakan garuda ini. Adik-adik harus memiliki motivasi yang luar biasa karena pramuka garuda adalah pramuka tertinggi di masing-masing golongan,” ungkap Kak Agus Ridho

Selanjutnya Kak Agus Ridho berharap para peserta tapakan pramuka garuda ini bisa menjadi bekal para peserta agar bisa menjadi pemimpin dimasa depan yang meneruskan pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Adik-adik adalah calon pemimpin masa depan dan adik-adik yang akan meneruskan kami-kami ini dimasa depan sehingga kami harapkan seluruh peserta bisa menjadikan tapakan pramuka garuda sebagai bekal untuk menyongsong masa depan yang lebih baik,” Lanjut Kak Agus.

Sebagai penutup Kak Agus mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terutama kepada para ketua kwarran, pengurus kwarran dan para pembina gugusdepan yang tanpa lelah melakukan pembinaan peserta didik sehingga dapat menempuh syarat-syarat pramuka garuda.

“Saya ucapkan terima kasih kepada para ketua kwarran, pengurus kwarran dan para pembina yang telah mendorong peserta didiknya mencapai pramuka garuda,” tutup Kak Agus.

Perlu diketahui kwarcab Bogor mengadakan 3 kali tapakan pramuka garuda setiap tahunnya. Ini dilaksanakan dalam rangka mencapai 10.000 pramuka garuda diakhir kepengurusan pada tahun 2025. Di Masa Pandemi tapakan Pramuka garuda tetap dilaksanakan namun menggunakan sistem virtual.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *