Anggota Pramuka Peduli Kwarcab Kabupaten Bogor Ikuti Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aksi Kemanusiaan

Media Sosial

Bogor – Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor menugaskan kepada Anggota Pramuka Peduli Kwarcab Kabupaten Bogor yakni Putri, M. Fikri Saiful Iksan, Rochman, dan Farhatun Nissa untuk mengikuti kegiatan Asia Pacific Scout Regional Humanitarian Action Capacity Building Training 2022.  

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa-Rabu tanggal 17-19 tahun 2022 bertempat di Amos Cozy Hotel & Convention Hall Jakarta, Jalan Melawai Raya no 83-85 Jakarta. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Waka Kwarnas Abdimas, Kak Mangkubumi.

Dilaksanakan sebagai sarana untuk menyiapkan Relawan Pramuka Peduli Penanggulangan Bencana sebagai sumber daya manusia yang menjadi pelaku utama dalam melaksanakan aksi kemanusiaan di wilayah masing-masing.

Kegiatan ini juga bertujuan agar meningkatnya pengetahuan, sikap dan kemampuan para Relawan Pramuka Peduli Penanggulangan Bencana tentang aksi kemanusiaan sebagai bekal dalam pelaksanaan bakti Pramuka Peduli di unit Pramuka Pedulinya.

Peningkatan Kapasitas Relawan Pramuka Peduli merupakan salah satu upaya untuk memenuhi amanat rencana strategis gerakan Pramuka pada tahun 2019-2024 agar menciptakan gerakan kerelawanan dan kepedulian yang kuat, terpercaya,dan massif sebagai bukti positif keberadaan Gerakan Pramuka bagi masyarakat,bangsa dan negara.

Terwujudnya sikap dan karakter kepedulian dan kerelawanan yang melembaga dan memiliki sumber daya yang besar. Serta, terwujudnya kader Pramuka Peduli Penanggulangan Bencana yang tersertifikasi oleh lembaga kompeten.

“Harapannya semua pengetahuan yang didapat selama mengikuti acara Humanitarian Action Capacity Building Training Tahun 2022 dapat diterapkan dan dibagikan kepada para Pramuka di wilayah masing-masing dan menjadikan pelatihan ini agar bermanfaat bagi kita dan masyarakat di sekitar kita,” kata Kak Budi Waseso dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kak Ahmad Rusdi.

Kak Ahmad Rusdi selaku Waka Kwarnas KLN menutup kegiatan ini dengan menyampaikan bahwa selesainya pelatihan ini bukan berarti selesai pula aktivitas kita justru ini merupakan langkah awal bagi kakak-kakak sebagai relawan Pramuka Peduli, khususnya di bidang kebencanaan, agar lebih mampu dan lebih berkualitas memberikan bantuan penanganan bencana.

Putri

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *