Peran Saka Kwarcab Kabupaten Bogor, Sekda Burhanudin Ungkap Tantangan Pramuka Masa Kini

Media Sosial

KAB. BOGOR – Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin mengungkapkan, salah satu tantangan bagi semua anggota Pramuka saat ini adalah bagaimana mereposisikan diri sebagai organisasi di tengah kondisi yang terus menerus bergejolak  dan berkembang dengan super cepat. Hal tersebut dikatakan Burhanudin saat pembukaan Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) Kwarcab Kabupaten Bogor di Bumi Perkemahan Cimandala, Sukaraja, Kamis (6/9/2022).

“Tantangan ke depan tentunya jauh lebih kompleks. Setiap kita tentu harus membekali diri dengan berbagai keterampilan agar menjadi pribadi terdidik yang produktif, berdaya saing,  proaktif dalam, menyikapi tantangan di era 4.0, serta mampu beradaptasi dengan perubahan dan siap berkontribusi pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” tutur Burhanudin di hadapan peserta Peran Saka.

Burhanudin menilai kegiatan Peran Saka yang dilaksanakan oleh Kwarcab Kabupaten Bogor bisa menjawab tantangan yang mesti di hadapi oleh anggota Pramuka. Menurutnya, Peran Saka merupakan ajang untuk menumbuhkan, mengembangkan, dan meningkatkan pengetahuan,  keterampilan dan minat serta bakat Pramuka Penegak dan Pandega.

“Hingga saat ini Gerakan Pramuka dinilai mampu membentuk karakter para pemuda karena berbagai aktivitasnya yang mengajarkan nilai-nilai kemandirian, tanggung jawab, kejujuran, disiplin, toleransi, kepedulian, keterampilan, dan kreativitas yang dikemas dengan kegiatan menarik dan menantang,” ujarnya.

Peran Saka Kwarcab Kabupaten Bogor yang dilaksanakan selama 3 hari dari 6-8 Oktober 2022 ini diikuti oleh anggota Pramuka yang tergabung ke 12 saka di Kwarcab Kabupaten Bogor. Terdiri dari Saka Bhayangkara, Bakti Husada, Wira Kartika, Dirgantara, Kalpataru, Wanabakti, Kencana, Pariwisata, Widya Budaya Bakti, Adhyasta Pemilu, Yudha Brama Jaya, dan Taruna Bumi.

“Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini para peserta semakin menguasai bidangnya, lebih kreatif, inovatif, untuk peningkatan kapasitas diri dan berperan aktif dalam mendarmabaktikan diri kepada masyarakat dan untuk kemajuan bangsa,” pungkas Burhanudin.

Reporter: MHT (Pusinfo Kwarcab Bogor)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *