Peserta dari Kontingen Kwarran Cisarua Bogor Siap Ikuti Raimuna Daerah Jabar 2024

Media Sosial

CISARUA – Kwartir Ranting (Kwarran) Cisarua mengirimkan sebanyak delapan anggota Pramuka penegak dalam kegiatan Raimuna Daerah Jawa Barat 2024 yang berlangsung di Kiarapayung Camp, Sumedang pada 16-21 September 2024. Kontingen Kwarran Cisarua Bogor terdiri dari lima putra dan tiga putri.

Pelepasan peserta Raida dari kontingen Kwarran Cisarua dilakukan oleh Sekretaris Kecamatan Cisarua selaku anggota majelis pembimbing ranting (mabiran), Nur Indrawan. Dalam sambutannya ia berpesan agar peserta dapat menjaga nama baik Kwarran Cisarua.

“Saya titip pesan kepada adik-adik. Jaga nama baik Kecaamatan Cisarua. Ketika diutus mewakilii Kecamatan Cisarua, bukan lagi membawa nama pribadi, tapi juga kecamatan, kwarran, sekolah, dan tentunya orang tua,” katanya, Jumat (13/9/2024).

Sekretaris Kecamatan Cisarua, Nur Indrawan melepas 8 anggota Pramuka Kwarran Cisarua untuk mengikuti Raimuna Daerah Jawa Barat 2024. (Foto: MHT)

Nur Indrawan menuturkan bahwa Raimuna berasal dari bahasa Ambai, yaitu daerah Yapen Waropen, Papua. Raimuna terdiri dari dua kata, yaitu “Rai” dan “Muna”:

“Rai” berarti sekumpulan orang yang berkumpul untuk tujuan tertentu, sedangkan “Muna” berarti kekuatan yang bernilai baik dalam mencapai kesuksesan.

“Saya yakin adik-adik bisa belajar mandiri di sana. Tolong ikuti peraturan dan jaga kesehatan. Fokus mengikuti kegiatan. Tentunya yang tidak kalah penting adalah memperluas jejaring, jalin komunikasi yang baik dengan kontingen lain,” tuturnya.

Ketua Kwarran Cisarua Cucu Irawan bersyukur karena ada perwakilan untuk mengikuto Raida Jabar 2024. Ia berharap para peserta dari Kwarran Cisarua dapat mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dan pengalaman yang didapatkan dibagikan kembali kepada anggota Pramuka lainnya.

“Selamat kegiatan. Jaga kesehatan. Semoga kegiatannya lancar. Jangan khawatir, kegiatan ini untuk menjadikan putra dan putri bapak/ibu mandiri. Semoga kita mendapat berkah dari Allah SWT,” katanya di hadapan orang tua peserta yang menghadiri pelepasan Raida Jabar kontingen Kwarran Cisarua.

Orang tua memakaikan rompi kepada peserta Raimuna Daerah Jawa Barat 2024 dari Kwarran Cisarua. (Foto: MHT)

Selama berkegiatan di Kiarapayung, peserta dari kontingen Kwarran Cisarua didampingi oleh Ervan Syaeful Nanzar YS dan dipimpin oleh Rubiawan.

“Terima kasih kepada orang tua yang telah memberikan izin dan dukungan kepada putra-putrinya yang mengikuti Raida Jabar 2024. Tidak lupa juga kepada pengurus kwarran yang telah memberikan andil besar dan kepercayaan khususnya kepada kami dan adik-adik penegak, karena kegiatan ini diadakan 5 tahun sekali jadi akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi peserta didik,” kata Ervan.

Reporter: MHT (Pusinfo Kwarcab Kabupaten Bogor)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *