Dalam Rangka Menumbuhkan Semangat Nasionalisme, Kwarran Cileungsi Sukses Menggelar Kegiatan Bela Negara

Media Sosial

CILEUNGSI – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Cileungsi sukses menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Bela Negara dengan tujuan menumbuhkan semangat nasionalisme, patriotisme, membentuk kepribadian kuat, disiplin, serta meningkatkan rasa cinta tanah air bagi anggota Pramuka. Kegiatan Peningkatan Kapasitas Bela Negara ini dilaksanakan di SMKN 1 Cileungsi pada tanggal 26-27 Oktober 2024.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Bela Negara yang diikuti oleh 106 peserta yang berasal dari pembina dan penegak, Peningkatan Kapasitas Bela Negara ini merupakan salah satu program kerja Kwartir Ranting Cileungsi dan untuk meningkatkan Rasa Nasionalisme, kedisiplinan bagi anggota Pramuka.

Kegiatan dibuka oleh Ka Drs. Adi Henryana, AP.,M.Si selaku Ketua Mabiran Ranting Cileungsi. Menurut Waka Bina Muda Kwarran Cileungsi “KA zaenudin, S.Pd , beliau berpendapat “Melalui pelatihan bela negara, anggota Pramuka dapat memahami pentingnya keamanan nasional, peran mereka dalam masyarakat, dan tanggung jawab sebagai warga negara. Selain itu, kegiatan ini dapat memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di antara anggota,,” ungkapnya. kegiatannya ini juga di hadiri oleh Ketua Kwarran,ketua mabiran Cileungsi,para Waka kwarran,Kasipemkes, tim saka dirgantara Atang Sendjaja, Andalan dan beberapa pengurus kwarran turut hadir memeriahkan kegiatan ini.

Kegiatan diawali dengan registrasi peserta dan dilanjutkan upacara pembukaan. Setelah itu, dilanjutkan dengan materi PBB lalu, Ada yel yel dan dinamika kelompok, setalah itu, ada materi wawasan kebangsaan dan Materi bela negara, setelah itu materi leadership dan cinta tanah air, lalu ada materi jerat dan penanganan ular, dilanjutkan dengan giat keagamaan, setalah itu ada materi api semangat bela negara dilanjutkan dengan renungan malem, di hari kedua di lanjutan dengan senam bersama setelah itu peserta melakukan halang rintang dan outbound, setelah itu Upacara Penutupan.

Kegiatan berlangsung lancar dan sesuai rencana.

Sumber Foto & Informasi: Rahmat Diki ( Unit warta saskara)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *