SDN Gandoang 01 Tumbuhkan Karakter dan Cinta Budaya Peserta Didik melalui Perjusa

Media Sosial

CILEUNGSI – Gerakan Pramuka gugusdepan SD Negeri Gandoang 01 sukses menggelar Perkemahan Jumat dan Sabtu (Perjusa) dengan mengusung tema pengenalan budaya Indonesia dan edukasi mengenai hewan reptil yang dilaksanakan di SD Negeri Gandoang 01 pada tanggal 11-12 Oktober 2024.

Kegiatan yang diikuti oleh 178 peserta penggalang kelas 4, 5, dan 6 ini bertujuan untuk menumbuhkan karakter peserta didik, seperti kemandirian, gotong royong, dan rasa ingin tahu. Berbagai kegiatan menarik pun digelar, mulai dari upacara pembukaan, pembuatan sarapan roti, materi sejarah pramuka, games, mewarnai, hingga kegiatan keagamaan.

“Kegiatan Perjusa ini sangat bermanfaat bagi peserta didik. Mereka tidak hanya belajar tentang pramuka, tetapi juga tentang budaya Indonesia dan pentingnya menjaga kelestarian alam,” ujar Esti Wahyu Muji Astuti S.Pd selaku Ka Mabigus SD Negeri 01 Gandoang.

Selain diikuti oleh peserta didik, Perjusa ini juga dihadiri oleh Ka Heri Hermansyah S.Pd dari Kwartir Cabang kota Bekasi selaku narasumber, perwakilan dari sanggar reptil kota Bekasi, rekan-rekan guru, dan beberapa undangan lainnya.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan Perjusa ini. Kegiatan seperti ini sangat penting untuk membentuk karakter generasi muda,” ungkap Ka Heri Hermansyah S.Pd.

Selama dua hari, peserta Perjusa mengikuti rangkaian kegiatan dengan penuh semangat. Mereka belajar membuat berbagai macam kerajinan tangan, bermain bersama, dan juga menyaksikan penampilan seni dari teman-temannya.

“Saya sangat senang mengikuti Perjusa ini. Saya belajar banyak hal baru, terutama tentang pentingnya menjaga lingkungan,” ujar salah satu peserta.

Sumber Foto dan Informasi: Dewi Ratna Rahayu (unit warta saskara)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *