Rumpin - Ambalan Pangeran Sageri dan Ratu Rapiah 163–164 SMAN 1 Rumpin sukses menyelenggarakan Lomba Keterampilan Tingkat Penggalang (LKTP) ke-15 pada Minggu, 21 Desember 2025, bertempat di SMAN 1 Rumpin. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wadah pembinaan untuk mengasah persaudaraan, kemandirian, kepedulian, serta keterampilan kepramukaan sesuai dengan Prinsip Dasar Metode Kepramukaan (PDMK).
Kegiatan LKTP 15 mendapat dukungan penuh dari berbagai elemen, di antaranya Kwarcab Kabupaten Bogor, Kwarran Rumpin, Muspika Kecamatan Rumpin, Pusdiklatcab Kabupaten Bogor, serta seluruh unsur kepramukaan dan masyarakat yang turut berkontribusi dalam menyukseskan kegiatan.
Mengusung tema “Satya Citta Dharma”, LKTP 15 diikuti oleh peserta dari wilayah Jabodetabek (open), dengan jumlah 61 regu Pramuka Penggalang tingkat SD/MI dan 56 regu Pramuka Penggalang tingkat SMP/MTs. Para peserta berkompetisi dalam 9 mata lomba untuk tingkat SD/MI dan 9 mata lomba untuk tingkat SMP/MTs, yang dirancang untuk menguji keterampilan, kekompakan, kepemimpinan, serta karakter peserta.
Acara dibuka secara resmi oleh Andalan Cabang Kwarcab Kabupaten Bogor Urusan Wilayah 2, Kak Aris Purwanta. Dalam sambutannya, Kak Aris berpesan agar seluruh peserta tetap menjunjung tinggi kejujuran dan sportivitas, meskipun suasana lomba terasa menegangkan. Ia mengingatkan bahwa senyum, sikap santun, dan kejujuran adalah bagian penting dari pendidikan kepramukaan.
“Bagi yang menang jangan merasa sombong, dan bagi yang belum berhasil jangan menyerah. Terus berlatih dan berproses,” pesan Kak Aris. Ia juga menekankan kepada para pembina agar terus menumbuhkan sikap, karakter, dan keterampilan kepramukaan yang baik kepada peserta didik sebagai bekal menuju Generasi Emas Indonesia 2045.
Melalui pelaksanaan LKTP 15 ini, Ambalan Pangeran Shageri dan Ratu Rapiah SMAN 1 Rumpin berharap dapat memberikan pengalaman bermakna bagi para Pramuka Penggalang, sekaligus memperkuat peran Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda yang berkarakter, mandiri, peduli, dan berprestasi.