Latihan Gabungan Pramuka Penegak Cileungsi Asah Keterampilan dan Terapan Nilai-Nilai Kepramukaan

Media Sosial

CILEUNGSI – Dalam rangka melaksanakan program kerja Dewan Kerja Ranting (DKR), Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Cileungsi menggelar Latihan Gabungan Pramuka Penegak. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para anggota Pramuka golongan Penegak dari berbagai Gudep SMK se-Cileungsi . Berlokasi di SMAN 2 Cileungsi, latihan gabungan ini diikuti oleh 125 orang peserta. Minggu, (21/04/24).

Acara dibuka secara resmi oleh Kak Zaenudin selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. Hadir pula Sekretaris Ranting, Andalan Penegak, serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. Menurut Kak Sri Retnarni selaku Andalan Penegak, “Kegiatan ini sangat bagus untuk melatih dan mengembangkan keterampilan adik-adik Penegak se-Cileungsi.” Acara berlangsung dengan lancar dan menghadirkan berbagai materi penting bagi Pramuka Penegak.

Dalam latihan gabungan ini, para peserta mendapatkan materi kesekretariatan, Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK), kewirausahaan, Peraturan Baris-Berbaris (PBB), serta materi apel latihan Pramuka Penegak. Kegiatan ini selaras dengan tujuan Gerakan Pramuka, yakni membentuk karakter generasi muda yang berkualitas, baik jasmani maupun rohani, berdasarkan nilai-nilai kepramukaan.

“Melalui latihan seperti ini, kami berharap para Pramuka Penegak dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam berbagai bidang kepramukaan,” ujar Kak Helmi, salah satu peserta dalam kegiatan tersebut. Selain mengasah kecakapan teknis, latihan gabungan juga memupuk nilai-nilai kepramukaan seperti kemandirian, tanggung jawab, disiplin, dan tim kerjasama.

Dengan terselenggaranya Latihan Gabungan Pramuka Penegak ini, diharapkan para peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dalam kegiatan kepramukaan di Gudep masing-masing. Kegiatan ini juga menjadi sarana untuk mempererat tali persaudaraan antar Pramuka Penegak dari berbagai Gudep di Cileungsi. Di dekatnya, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Cileungsi akan terus mengadakan program-program serupa untuk mengembangkan potensi generasi muda penerus bangsa.

Sumber dan Foto : Rahmat Diki

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *